Equatorial sistem koordinat


.


Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Para bola sistem koordinat
The sistem koordinat ekuator digunakan adalah metode yang luas pemetaan benda-benda langit. Hal fungsi dengan memproyeksikan Bumi 's kutub geografis dan khatulistiwa ke bola langit . Proyeksi khatulistiwa bumi ke bola langit disebut khatulistiwa langit . Demikian pula, proyeksi bumi utara dan selatan kutub geografis menjadi utara dan selatan kutub langit , masing-masing.

[ sunting ] Penggunaan dalam astronomi

The sistem koordinat ekuator memungkinkan semua pengamat membumi untuk menggambarkan lokasi tampak di langit cukup jauh obyek menggunakan pasangan yang sama nomor: para kenaikan yang tepat dan penolakan . Misalnya, bintang yang diberikan telah kira-kira konstan koordinat ekuatorial. Sebaliknya, dalam sistem koordinat horisontal , posisi bintang di langit yang berbeda berdasarkan garis lintang dan bujur geografis pengamat, dan terus berubah berdasarkan waktu.
Sistem koordinat ekuator umumnya digunakan oleh teleskop dilengkapi dengan khatulistiwa gunung dengan menggunakan lingkaran pengaturan . Setting lingkaran dalam hubungannya dengan bagan bintang atau ephemeris memungkinkan teleskop yang akan mudah menunjuk ke objek dikenal di lingkup langit.
Selama jangka waktu yang lama, presesi dan angguk kepala efek mengubah orbit Bumi dan dengan demikian lokasi nyata dari bintang-bintang. Demikian juga, gerak bintang-bintang itu sendiri akan mempengaruhi koordinat mereka seperti yang terlihat dari Bumi. Ketika mempertimbangkan pengamatan dipisahkan oleh interval waktu yang panjang, maka perlu untuk menentukan suatu zaman (sering J2000.0 , untuk data yang lebih tua B1950.0 ) ketika menentukan koordinat planet, bintang, galaksi, dll

Bintang Waktu berada di puncak pada pengamat meridian suatu (HA = 0 h), maka RA = LST Positif. Right Now vernal equinox titik berada di puncak pada meridian m (LST = 0 h) ( sudut : RA, berlawanan ; HA dan LST, searah jarum jam )

[ sunting ] Deklinasi

Para lintang sudut dari sistem khatulistiwa disebut deklinasi (Desember untuk pendek). Itu mengukur sudut objek di atas atau di bawah khatulistiwa langit. [1] [2] Objek langit di belahan bumi utara mempunyai deklinasi positif, dan orang-orang di belahan bumi selatan langit memiliki deklinasi negatif. Sebagai contoh, kutub utara langit memiliki penolakan dari 90 °.

[ sunting ] kenaikan Kanan

Sudut longitudinal disebut kenaikan yang tepat (RA untuk pendek). Itu mengukur sudut objek timur lokasi tampak dari pusat Matahari pada saat Maret equinox , posisi yang dikenal sebagai titik vernal equinox atau titik pertama Aries. [1] Titik vernal equinox adalah salah satu dari dua titik di mana ekliptika memotong dengan khatulistiwa langit. Tidak seperti bujur geografis, kenaikan benar biasanya diukur dalam sidereal jam bukan derajat, karena sebuah rotasi yang jelas dari sistem koordinat ekuator memakan waktu 24 jam waktu sidereal untuk menyelesaikan. Ada (360 derajat / 24 jam) = 15 derajat dalam satu jam kenaikan benar.

[ sunting ] sudut Jam

Ketika fenomena geografi yang bergantung pada perhitungan seperti matahari terbit atau moonrise, kenaikan kanan dapat dikonversikan menjadi sudut jam sebagai langkah menengah. [3] obyek jam sudut langit Sebuah diukur relatif terhadap pengamat lokasi di bumi; bintang pada pengamat langit meridian pada saat tertentu dalam waktu dikatakan memiliki sudut jam nol. Satu jam sidereal kemudian (sekitar 0,997269583 jam matahari kemudian), rotasi bumi akan membuat bintang yang muncul di sebelah barat meridian, dan satu jam sudut bintang yang akan +1 jam sidereal.

[ sunting ] Koordinat GEI

Ada sejumlah kartesian varian khatulistiwa koordinat. Yang paling umum ini disebut inersia khatulistiwa geosentris (GEI) sistem koordinat.
  • GEI koordinat memiliki sumbu z-menunjuk sepanjang sumbu rotasi bumi (utara positif), x-sumbu menunjuk ke arah Matahari selama vernal equinox dan sumbu-y didefinisikan sebagai produk silang dari z dan x (agar) untuk membuat tangan kanan sistem koordinat. Seperti varian kutub dijelaskan di atas, arah sumbu-x hanyut karena orbital presesi dan dengan demikian suatu zaman harus ditentukan.
  • Dalam konteks ini, J2000.0 juga dapat merujuk tidak hanya pada Julian 2000 Epoch, tetapi juga kepada seluruh GEI koordinat bingkai pada zaman itu.
  • sistem GEI juga kadang-kadang "Benar Tanggal". Ini berarti bahwa zaman pada saat yang tepat di mana data dikumpulkan digunakan sebagai zaman dari sistem koordinat.
  • Arah sumbu-x adalah juga digambarkan sebagai titik pertama dari konstelasi Aries .
  • Sistem ini sering digunakan untuk menggambarkan keadaan vektor pesawat ruang angkasa serta berbagai fenomena dalam fisika ruang

Your Reply