Deutscholympiade West Java -Part 1


.

*jeng-jeng* kali ini cuma mau share dikit pengalaman pas lagi Olimpiade Bahasa Jerman.
Di sekolahku, bahasa asingnya, Deutsch oder Jerman.
Awal kelas 11, entah kenapa nulis target untuk ikutan OBJ. Aku mulai rajin pinjam buku bahasa jerman di perpus sekolah, ngafalin kosakata. Dan akhirnya kesempatan itu datang. Namaku termasuk salah satu yg direkomendasikan untuk ikut seleksi OBJ tk. Sekolah. Dr tiap kelas dipilih 2 orang perwakilan (khusus kelas 11). Seleksi pertama ada 8 orang, tp cm 7 orang yg hadir. Seleksinya itu Lesen, alias semacam reading. Mana materinya beda jauh dgn materi sekolah. Kerjakan saja sebisanya, kata Frau W.
Alhamdulillah, aku dan 3 orang lainnya lolos seleksi pertama. Lalu ada seleksi kedua, yaitu Horen alias Listening.
4 orang ini perwakilan kelas A1, A2,A3, dan A4. Alhamdulillah, aku dan temanku dr A2 lolos ketahap selanjutnya. Yaitu mewakili sekolahku untuk ikut OBJ tk. Regional. Regional 1 meliputi Bogor, Depok, Karawang, Bekasi, Sukabumi. 2 minggu kami digenjot bimbingan mulai dr Lesen, Horen dan Schreiben. Obj regional 1 diadakan di salah satu SMA boarding school elit di Parung. Tgl 13 November, aku, temanku dan Herr A berangkat menuju lokasi lomba. Sesampainya disana, penyakit gugup dan nervous pun datang. Uh, mendebarkan sekali setiap ikut lomba, melihat siswa/i dr sekolah lain. Setelah pembukaan,Aku dan temanku langsung menuju ruangan tempat lomba, yaitu kategori A1. Disana sudah ada nama untuk melihat tempat duduk.
Bismillah, kukerjakan dengan sekuat tenaga. Dan setelah makan siang, kami pun pulang.
Pengumuman masih seminggu lagi.
Dan meskipun tidak ada bimbingan, aku tetap belajar sendiri dan menghafal kosakata2 penting, latihan Schreiben . Pas lagi dikelas, namaku dipanggil sama KM A4, katanya aku dan temanku Sifa disuruh ikut pameran Deutschland fur Anfanger di Jakarta, tepatnya pada tanggal 20 November. KM A4 itu juga bilang kalau aku lolos ke tk Provinsi alias Final untuk tk A1 (baca: a ains). Aku tidak prcaya kalau bukan guruku yang bilang. Ich kann nicht hehe. Pas mau shalat Dzuhur, aku ketemu Frau W dan dia memastikan kalau aku benar2 lolos. Wah, senangnya, final a1 diadakan di UPI Bandung tgl 27 november. (To be continued)

Your Reply